Search
Search
Close this search box.

Rapimnas PII Resmi Dibuka Menteri PPN Suharso Monoarfa, Akan Tinjau Proyek RDMP dan IKN Nusantara

Rapimnas PII Resmi Dibuka Menteri PPN Suharso Monoarfa, Akan Tinjau Proyek RDMP dan IKN Nusantara

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Persatuan Insinyur Indonesia (Rapimnas PII) dihadiri sekitar 500 Insinyur yang digelar 20-22 Januari 2023. Dan ditandai dengan Palm Scanner Visual dengan mengarahkan tangan ke layar scanning, di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, pada Jumat (20/1/2023).

Pembukaan Rapimnas tersebut diikuti, yaitu Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Ketua Umum PII Danis Hidayat Sumadilaga, Wakil Ketua Umum (Waketum) PII Ilham Habibie, Sekjen PII Bambang Goeritno, Bendahara Umum PII Arlan Septia Ananda Rasam, Ketua SC Komite PII Eden Gunawan, dan Ketua Pelaksana Rapimnas sekaligus Wasekjen PII Hetifah Sjaifudian.

Dilanjutkan pembukaan Engineering Expo dengan pengguntingan pita oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Ketua Umum PII Danis Hidayat Sumadilaga. Dan mengunjungi beberapa booth/tenant Expo berupa Engineering Exhibition dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Perguruan Tinggi.

Untuk itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa menyampaikan, pihaknya ingin mengajak para PII untuk berkolaborasi untuk memberikan kontribusi Detail Engineering Design (DED) guna membenahi kota-kota di Indonesia yang tidak tertata dengan baik dari segi pembangunan.

Baca juga  754 Warga di Kaltara Kini Nikmati Listrik PLN

“Kalau mau kita join kerjasama lagi, kita ambil 40 kota-kota ini, dan generasi selanjutnya 40 kota lagi. Kita benahi kota-kota yang kaya yang bangun gedung yang tidak jelas landmark kota itu dimana,” ujarnya.

Sementara itu, sebelum pembukaan Rapimnas PII 2023. Ketua Pelaksana kegiatan Rapimnas PII, Hetifah Sjaifudian membacakan sambutannya, dia mengatakan, kegiatan Rapimnas kali ini agak berbeda dengan sebelumnya, di mana nantinya seluruh peserta juga akan diajak meninjau progres pekerjaan Proyek Refinery Development Master Plan RDMP (RDMP) di kilang Pertamina Balikpapan dan melihat proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku Penajam Paser Utara (PPU).

“Ke titik nol itu nanti kami akan mengajak untuk memastikan apa yang ada. Apakah segala pembangunannya berjalan sesuai progres, dan apa masukan dari para peserta terhadap pembangunan IKN Nusantara yang akan terus berlangsung dan dipercepat,” kata Hetifah, dalam sambutannya.

Baca juga  DP 0 Persen Pembelian Kendaraan Bermotor, Ini yang Harus Diketahui Masyarakat

Dia juga mengaspresiasi antusias kehadiran para peserta demi mengikuti kegiatan tersebut. Juga dukungan dari Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemda Balikpapan, serta 60 perusahaan BUMN dan Swasta.

“Dan teman-teman dari Musyawarah Kepala Sekolah SMA/SMK baik dari Balikpapan dan PPU akan memastikan bahwa siswa-siswinya bisa ikut menimba ilmu dari Exhibition yang dilaksanakan ini,” sambungnya.

Dan berharap kegiatan kali ini dapat memberikan motivasi yang tinggi dan rasa percaya diri lebih besar lagi, bahwa apa yang dicita-citakan untuk dibangun IKN yang berkeadilan dan berkelanjutan yang selaras dengan alam serta lingkungannya dan menjadi simbol identitas bangsa Indonesia serta Penggerak ekonomi di masa depan melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi.

“Dari pemikiran dan tangan para Insinyur semuanyalah apa yang tadi kita cita-citakan bisa terwujud,” ungkapnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]