Search
Search
Close this search box.

Jahidin Ingatkan Bawaslu Kawal Sikap dan Prilaku Kades Jelang Pemilu 2024

Anggota Komisi I DPRD Kaltim Jahidin
Anggota Komisi I DPRD Kaltim Jahidin

PROKALTIM.COM, SAMARINDA – Netralitas aparatur desa menjadi sorotan menjelang pemilu 2024. Anggota Komisi I DPRD Kaltim Jahidin mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengawal sikap dan perilaku kepala desa (kades) dan aparatur desa lainnya agar tidak berpihak kepada calon manapun.

Menurut Jahidin, kades-kades di Kaltim harus menjaga netralitasnya sebagai aparatur negara. Ia mengkhawatirkan adanya kades yang mempengaruhi pilihan warga, terutama ketua-ketua RT di wilayahnya.

“Kades punya pengaruh besar terhadap warga desa. Jika mereka berpihak atau memfasilitasi calon tertentu, itu akan merusak proses pemilu yang jujur dan adil,” kata Jahidin.

Politisi dari Fraksi PKB ini juga meminta Bawaslu untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada kades-kades di Kaltim.

Baca juga  Anggota DPRD Kaltim Fitri Maisyaroh Gelar Sosbang di Klandasan Ulu, Balikpapan Kota

Ia mengingatkan, pemilu sudah semakin dekat. Ia berharap, kades-kades bisa mengikuti aturan yang berlaku, seperti tidak ikut campur dalam kampanye, bersikap adil, dan tidak memberi keputusan yang merugikan atau menguntungkan salah satu peserta pemilu.

Jahidin juga menegaskan, Bawaslu harus bertindak tegas jika ada kades atau aparatur desa yang melanggar netralitas. Ia menganggap, hal itu merupakan kewenangan penyelenggara pemilu untuk menegakkan hukum.

“Jika ada pelanggaran yang terbukti, Bawaslu harus melanjutkan ke proses hukum yang lebih lanjut. Kita tidak mau ada kades yang mencoba mengintervensi pemilu 2024,” tutup Jahidin.(advertorial)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]