Search
Search
Close this search box.

M Adam Gelar Sosbang di RT 3 Klandasan Ulu, Perkuat Wawasan Masyarakat Tentang Kebangsaan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Adam kembali menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang). Sosbang kali ini digelar di RT 3 Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Selasa (19/12/2023) malam.

Dengan menghadirkan Nara Sumber (Narsum) Carkim Sumirin serta pendialog Interaktif, Asdar.

Masih seperti di hari-hari sebelumnya Ir. H. Muhammad Adam menyampaikan tugas ini tidak lebas dari tugas dan fungsi dari Anggota DPRD Prov. Kaltim yaitu Sosialisasi Kebangsaan yang membahas empat Konsensus yaitu Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara, UUD 1945 NKRI sebagai konstitusi negara. Juga membahas implementasi empat konsensus kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, serta serta paham-paham yang memecahkan belah persatuan dan kebangsaan karena ini merupakan tugas masyarakat agar bisa memperkuat sehingga dengan wawasan kebangsaan ini yang disampaikan agar tidak mudah terpengaruh dengan ancaman-ancaman yang ingin membuat bangsa Republik Indonesia tercerai berai.

Baca juga  Pansus Raperda Trantibum Siapkan 13 Ketentuan Tentang Ketertiban untuk Finalisasi Draft

“Di sini Saya mengingatkan kembali bahwa wawasan kebangsaan di zaman sekarang seperti ini kita akan terus berkembang dalam kehidupan bermasyarakat sehingga kita harus memperkuat memperkokoh persatuan kebangsaan Negara Republik Indonesia,” ucapnya.

“Kita tahu di zaman dahulu kita telah dijajah oleh penjajah Belanda dan Jepang, betapa gigihnya bangsa kita untuk bisa mempertahankan negara Republik Indonesia ini untuk itu saya menyampaikan kembali wawasan kebangsaan yaitu empat Konsensus, bagaimana memaknai butir-butir dari nilai-nilai Pancasila dari sisi bagaimana pemaknaan Pancasila untuk kehidupan sehari-hari, sehingga kita bisa kuat ancaman dari luar,” ujarnya.

Muhammad Adam menambahkan sebagai bangsa Indonesia kita harus menjunjung nilai tinggi nilai-nilai persatuan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di dalam Pancasila dan undang-undang Dasar 45 dan kita mampu untuk mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga  Anggota DPRD Kaltim Muhammad Adam Laksanakan Sosialisasi Perda

“Disini saya mengajak kepada warga yang hadir untuk mengikuti dan mendengarkan sosialisasi wawasan kebangsaan dan kiranya dapat diterima dengan baik serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Disela-sela acara, Muhammad Adam melontarkan pertanyaan untuk di jawab, seperti mengucapkan Pancasila dengan benar juga sumpah pemuda dan lain-lain yang ada hubungannya dengan wawasan kebangsaan.
Dilanjutkan dengan narasumber yang dibawakan oleh Carkim Sumirin menjelaskan penjajahan di jaman dulu negara RI telah tertintas. Namun dengan semangat perjuangan Warga RI bisa bersatu untuk mempertahankan tanah airnya yang terjajah.

“Betapa semangatnya bangsa kita berjuang untuk tetap mempertahankan negara RI ini dari penjajahan,” pungkasnya. (*)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]