Search
Search
Close this search box.

Perkenalkan Kerajinan Balikpapan, DKUMKMP Akan Launching Gerai di Bandara SAMS Sepinggan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Dalam waktu dekat, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan akan melaunching galeri UMKM di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Kepala DKUMKMP Kota Balikpapan, Heru Ressandy Kusuma mengatakan, akan ada satu gerai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Balikpapan yang akan memasarkan produk unggulan Kota Balikpapan.

“Untuk memperkenalkan produk-produk lokal andalan UMKM Kota Balikpapan. Apalagi Bandara itu sebagai pintu gerbang menuju IKN,” katanya, kepada awak media, pada Senin (19/2/2024).

Di dalam galeri UMKM di Bandara tersebut, nanti berisikan UMKM Center dari Dekranasda Balikpapan. “Produk kerajinanan pelaku UMKM center ini akan dibuka di gate 9 terminal keberangkatan,” ujarnya.

Baca juga  Buka Puasa di Hotel Mega Lestari Balikpapan, Siapkan Hadiah Utama Emas

Heru juga menyampaikan, beragam produk kerajinan khas Balikpapan seperti batik Balikpapan yang menampilkan motif kepiting, mangrove, jahe, dan lainnya yang merupakan ciri khas Balikpapan, serta kerajinan rotan, ukiran, kerajinan manik-manik dari bebatuan, hingga produk olahan pangan dari pertanian dan perikanan ada di Dekranasda.

“Produk itu yang nanti disajikan kepada pengunjung di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan,” ungkapnya.

Dengan harapan mereka yang masuk ke Kota Balikpapan mengenal budaya dan produk asli Kota Balikpapan yang juga kaya akan kearifan lokal.

Dia juga menambahkan, pembukaan galeri UMKM itu wujud kepedulian Angkasa Pura (AP) 1 kepada Kota Balikpapan sebagai beranda IKN melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca juga  Harga Emas Hari Ini Turun Drastis! Dijual dengan Harga Menarik

“Kami tidak membayar untuk sewa tempat dalam satu tahun ke depan, hanya membayar untuk operasional aja,” ucapnya.

Sementara itu untuk jam operasional galeri UMKM itu akan mengikuti jam operasional Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. “Untuk harga nantinya tentu menyesuaikan, tidak mungkin harga di luar dari Bandara. Karena bandar udara sendiri punya aturan terkait penentuan harga barang yang ditawarkan di areanya,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]