Search
Search
Close this search box.

Selama PPKM, Pelaku Usaha Kuliner di Mal Mengeluh

Ernawaty Gafar (foto: ist)

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Peningkatan jumlah kasus Covid-19 membuat pemerintah mengambil kebijakan berupa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Salah satu daerah yang menerapkannya adalah Kota Minyak.

Adanya kebijakan yang diberlakukan sejak 15 Januari 2021 ini rupanya sangat berpengaruh terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Di antaranya pelaku usaha yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Balikpapan.

Dikatakan Ketua Iwapi Balikpapan, Ernawaty Gafar bahwa penerapan PPKM dan khususnya Kaltim Steril, memberikan dampak bagi usaha para anggotanya. Hal ini terbukti dari banyaknya keluhan yang diterima dirinya. Utamanya mereka yang memiliki usaha di pusat perbelanjaan atau mal.

“Mengeluh semua, minta tolong untuk didiskonkan untuk biaya sewa. ‘Kan ada pembatasan waktu operasi berkurang dua jam,” katanya saat ditemui hari ini (16/2).

Baca juga  Forum Warga jalan Jenderal Sudirman Bersatu Datangi DPRD Balikpapan

Dirinya pun mengaku prihatin dengan kondisi yang ada. Apalagi ketika ada penerapan Kaltim Steril, pusat perbelanjaan atau mal mengalami kerugian hingga ratusan juta per hari.

“Efektivitas PPKM mikro menekan jumlah penyebaran kasus. Sebenarnya untuk menekan, kurang begitu efektif.
Penerapan 5 M yang harus betul-betul diterapkan. Mudah-mudahan PPKM ini membawa dampak positif,” kata dia.

Sementara ketika ditanya soal progres penjualan para pelaku usaha yang tergabung dalam Iwapi, dia menjelaskan, saat ini yang berjalan adalah mereka yang bergerak di bidang kuliner. Hal ini lantaran mengonsumsi makanan merupaka salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Saat ini sektor kuliner 100 persen bisa jalan. Ini kan kebutuhan pokok, juga untuk menjaga imunitas. Potensi usaha yang paling bagus itu kuliner,”pungkasnya. (dah)

Baca juga  Penjual Hewan Kurban Mulai Bermunculan di Kota Balikpapan

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]